7 Software Perkantoran Selain MS.Word

Assalamu Alaikum wr.wb dan Selamat malam para pembaca blogger sebelum tidur kali ini saya akan bagikan beberapa aplikasi yang biasa kita butuhkan untuk urusan perkantoran yaitu 7 software perkantoran selain buatan Microsoft..

Let's Read......

1.Corel Word Perfect Office

Corel Word Perfect Office X4 menawarkan paket software yang kuat dan fitur yang banyak seperti yang ada di Microsoft Office. User dapat membuka 60 format file, file OOXML dari Office 2007, walaupun file disimpan dalam format yang berbeda. Harga dari software ini dalam perkiraan $299 untuk Standard Edition, termasuk WordPerfect untuk text, Lightning untuk notes, Quattro Pro untuk spreadsheets, Mail, dan Presentations Graphics editor. Sedangkan untuk Home dan Student Edition ($199) terdiri dari aplikasi WordPerfect, Quattro Pro, Presentations, Lighting, dan Visual Intelligence. Untuk Professional Edition ($259), memiliki aplikasi yang sama dengan Standard Edition hanya ditambah database Paradox.
Kelebihan software Corel WordPerfect Office X4 :
Memiliki aplikasi Word Processing, spreadsheet, presentasi, note-taking, email, aplikasi grafis, support lebih dari 60 format file, seperti ODF dan file dari Microsoft Office 2007 dan di bawahnya, mampu menangani PDF seperti OCR di PDF, juga merupakan tool yang kuat untuk dokumen yang panjang. Software ini juga dilengkapi fitur keamanan, dan upgrade tidak akan mengganggu tampilan interface secara keseluruhan.
Kekurangan : software ini agak rumit untuk dipelajari bagi user yang menggunakan Microsoft Office 2007, beberapa fungsi sulit untuk ditemukan, integrasi antar aplikasi masih kurang, dan harga yang cukup mahal.
Spesifikasi utama perangkat lunak Corel WordPerfect Office X4 :
  • Komponen software : Corel Quattro Pro, Corel WordPerfect, Corel Presentations, Corel WordPerfect Mail, Corel Visual Intelligence, Corel WordPerfect Lightning
  • OS : Microsoft Windows Vista Business/Vista Ultimate/Home Basic/Home Premium, Microsoft Windows XP Home Edition/Professional/Media Center Edition
  • Browser : Internet Explorer 6.0 atau di atasnya
  • Processor minimum : 466MHz
  • System minimum : Pentium III, RAM 256 MB, harddisk 600 MB


2.SSuite Office Software

Satu lagi aplikasi alternatif pengganti Microsoft Office namun bebas lisensi, SSuite Office. Aplikasi ini berfungsi hampir sama dengan Microsoft Office, yaitu untuk melakukan pekerjaan kantor, misalnya membuat dokumen atau mengedit data. Kelebihan aplikasi ini adalah user tidak harus menginstal JavaScript atau Net Framework. Tanpa kedua aplikasi tersebut, aplikasi SSuite Office dapat Anda manfaatkan untuk membantu pekerjaan Anda. Kompatibilitas software ini terhadap aplikasi lainnya yang terdapat di platform desktop Anda dapat dikatakan cukup baik.
Dukungan OS: Windows XP, vista, 7
Download di: http://ssuitesoft.com/



3.K Office

K Office adalah paket aplikasi office untuk K Desktop Environment (KDE). Semua komponennya dirilis dengan lisensi open source. Versi terbaru K Office adalah 2.3.1, yang dirilis 2011.
K Office sendiri terdiri dari beberapa aplikasi, yaitu:
  • KWord – pengolah kata
  • KSpread – pengolah angka (Spreadsheet)
  • KPresenter – pengolah presentasi
  • Karbon14 – pengolah gambar vektor
Konsep yang diusung sekilas mirip konsep MS Office 2007, bedanya adalah KOffice memasang toolbar di sebelah kanan/kiri dokumen. Menu didalam aplikasi tidak banyak dan ditata dengan bagus. Anda akan sangat terkesan (seperti saya) pada saat pertama kali membuka dan menjalankan KOffice. KOffice sendiri menggunakan format file ODF untuk menyimpan file, jadi mirip dengan OpenOffice/LibreOffice..



4.GNOME Office

Aplikasi Office satu ini berjalan di lingkungan Linux Gnome. Berbeda dengan yang lainnya, ia mengkombinasikan komponen office semacam AbiWord, Evolution mail, Gnumeric spredsheet, aplikasi Gnumeric DB ke dalam satu paket aplikasi. Jika anda menggunakan Debian, Gnome Office melengkapi dirinya dengan aplikasi tambahan seperti Dia diagram, aplikasi manipulasi gambar GIMP, Inkscape untuk vektor dan alat-alat manajemen proyek.



5.IBM Lotus Symphony

IBM mengeluarkan software Apliaksi perkantoran yang berbasis pada OpenOffice sehingga memiliki seluruh fitur & fungsionalitas yang ada di OpenOffice. Symphony menyediakan 3 aplikasi office antara lain word processor, presentasi danspreadsheet namun ia dapat membuka berbagai format dokumen seperti Open Document Format (ODF), format file Microsoft (.doc, .ppt, .xls, .dot), format Lotus SmartSuite dan lain-lain.



6.Celframe Office

Paket office ini menawarkan program-program yang leng­kap untuk kebutuhan Anda di ruang kerja. Mulai dari kebutuhan mengetik dokumen, pembuat­an data, e-mail, hingga album foto sudah disediakan dalam paket office ini.
Lengkapnya, terdapat 10 program, yaitu Celframe Office Write 2008, Office Spreadsheet 2008, Office Draw 2008, Office Power Presentation 2008, Office Data Access 2008, Office Studio 2008, Office Photo Album 2008, Office mail 2008, Office Note Maker 2008, dan Office Publisher 2008.
Saat pertama kali dijalankan, program ini akan menampilkan sebuah launcher. Dari launcher tersebut, Anda bisa mengklik salah satu program dari 10 program yang disediakan. Kesederhanaan tampilan pada program ini membuat nyaman penggunanya. Pada CelFrame Office Write 2008 misalnya. Menu-menu yang ada memang harus diakses dari toolbar. Namun, pada keadaan default-nya, toolbar yang ada jumlahnya tidak banyak sehingga tidak membingungkan penggunanya. Saat diujicoba, fungsi spelling checker-nya berjalan dengan baik. Koreksi kesalahan bisa langsung Anda lihat.
Semua kebutuhan Anda mengenai program untuk mengelola data, dokumen, dan e-mail di kantor sudah dipe­nuhi paket office ini. Untuk e-mail, Anda bisa menggunakan Celframe Office mail 2008. Fungsinya sama seperti Microsoft Outlook atau Eudora. Feature-feature yang ada di dalamnya juga mudah digunakan. Program ini juga bisa mengimpor data account pada e-mail lama Anda di program lainnya. Bahkan, untuk pengguna Gmail dan webmail lainnya, program ini mampu bekerja sama dengan baik. Salah satu program menarik dalam paket office ini adalah Celframe Office Photo Album 2008. Anda yang memiliki banyak gambar dan foto bisa mengelolanya dengan program ini. Kategori-kategori bisa Anda buat sesuai keinginan Anda.
Kesemua program yang ada dalam paket office ini dapat bekerja dengan baik. Hanya saja, agar program ini berjalan maksimal, PC Anda juga membutuhkan aplikasi Java versi teranyar. Tidak adanya aplikasi Java dalam PC membuat beberapa feature dalam program tidak bisa dihadirkan. Bahkan, beberapa program tidak bisa berjalan.
Kesimpulan  Dengan biaya US$ 220, Anda sudah bisa mendapatkan paket office alternatif yang baik dan super lengkap. Program-program yang ditawarkan mungkin melebihi kebutuhan Anda untuk urusan pengelolaan data dan dokumen.



7.Open Office

OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database). OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice.org mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya.
OpenOffice.org dibuat berdasarkan kode dari StarOffice, sebuah office suite yang dikembangkan oleh StarDivision dan diakuisisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999, yang kemudian diakuisisi oleh Oracle pada tahun 2010. Kode sumber dari suite ini dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, dengan tujuan mendobrak dominasi pasar dari Microsoft Office dengan menyediakan pilihan yang berbiaya rendah, berkualitas tinggi, dan terbuka. Kode asal untuk suite aplikasi ini tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda: LGPL dan SISSl; dari versi 2.0, dia hanya tersedia di bawah LGPL.
Proyek dan perangkat lunak disebut sebagai “OpenOffice”, tetapi pengatur proyek melaporkan bahwa istilah ini adalah sebuah merk dagang yang dipegang oleh kelompok lain, sehingga mengharuskan mereka mengambil “OpenOffice.org” sebagai nama resminya, dan juga disingkat OOo.
Fitur Unggulan
  •  Mendukung format dokumen ODF, sebagai format dokumen Paket aplikasi perkantoran yang terbuka.
  •  Membuka dan menyimpan dokumen dalam format Microsoft Office
  •  Mengekspor dokumen dalam format PDF
Sistem: Windows 98/2000/XP/Vista/7


Terima kasih telah membaca artikel tentang 7 Software Perkantoran Selain MS.Word di blog Informasi ORI jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :